Kuota CPNS Tak Terpenuhi karena Passing Grade, Menpan RB Gunakan Sistem Ranking

DEPOK. PublikOnline – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (Menpan RB) Syafruddin mengatakan untuk seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 memang sangatlah berat.

Bahkan dia menyebut batas passing grade tahun ini dinaikan dari tahun sebelumnya, sehingga banyak yang tidak lulus dalam ujian CPNS 2018.

“Kenapa banyak yang tidak lulus, peminatnya itu 3,5 juta formasinya hanya 238 ribu jadi tidak sampai 10%. Jadi memang banyak yang tidak lulus karena sangat kompetitif persaingannya berat sekali. Tidak sampai 1 banding 10 karena kemampuan negara saat ini hanya bisa 238 ribu, karena kebutuhannya itu,” ujar Syafruddin di Unversitas Indonesia seperti yang ditulis Okezone, Senin (12/11/2018).

Baca juga : Pagelaran Seni Budaya Tari TK dan Paud. Lestarikan Seni Budaya Tari

Jadikita bisa bayangkan kalau 3,5 juta kalau hanya sekitar 8 persen misalnya pasti banyak yang gugur kalau dibuka passing grade-nya banyak yang lulus. Mana kala tidak cukup nanti di 283 ribu, kita akan ambil ranking di bawahnya,” lanjutnya.

Mantan Wakapolri ini mengungkapkan dinaikannya passing grade dari tahun ke tahun dilakuan untuk mendapatkan hasil Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni. Ia juga menyebut jika passing grade tidak dinaikan tidak maka tidak mendapatkan SDM yang Profisional di tingkat Aparatur Negara.

“Pasing grade tinggi jadi banyak yang jatuh ya memang gitu jadi dari tahun ke tahun passing grade kita selalu perbaiki atau naikan tiap tahun sekarang lebih tinggi dari tahun sekarang supaya kita dapatkan yang lebih kompetitif, kalau tidak dinaikan nanti bisa jadi enggak bagus, jadi kalau dinaikan bisa kita bisa dapet SDM yang lebih bagus dan profesional,” imbunya.

Menteri Syafruddin pun mengungkapkan bahwa tahun ini dan tahun depan penerimaaan CPNS sangatlah sedikit dengan sejumlah berbagai pertimbangan. Selain itu setiap tahunya passing grade tetap dinaikan sehingga wajar jika banyak yang tidak lulus dalam menjalankan ujian CPNS.

“Karena yang kecil tahun ini dan tahun depan, untuk tahun depan sekitar hampir 250 ribu dan tentu kita pertimbangkan kemampuan terutama kemampuan keuangan negara,” pungkasnya. (FR)

Satu tanggapan untuk “Kuota CPNS Tak Terpenuhi karena Passing Grade, Menpan RB Gunakan Sistem Ranking

  • Pingback:-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *