Lomba Masak Serba Ikan, Tingkatkan Minat Masyarakat Untuk Konsumsi Ikan

Sumbawa Barat. PublikOnline – Lomba masak serba ikan tingkat provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diadakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB di pantai Balad Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), adalah salah satu media inovasi dalam rangka mengembangkan ragam menu ikan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam mengkonsumsi ikan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Sumbawa Barat, H. W Musyafirin saat diwawancarai di lokasi lomba masak serba ikan di pantai Balad lingkungan Perjuk kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat NTB, Minggu (29/9/2019).

“Ini adalah media untuk berinovasi dalam menyajikan makanan yang berbahan dasar ikan sehingga kreasi ibu-ibu dalam mengembangkan masakan serba ikan ini akan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat khususnya anak-anak,” kata Bupati KSB.

Produksi ikan di NTB, sambung Bupati, sangat berlimpah tetapi konsumsi ikan masih rendah bahkan secara nasional tingkat konsumsi ikan juga sangat rendah. Sehingga kegiatan lomba masak ikan ini dapat mendorong tingkat konsumsi ikan pada masyarakat terutama pada anak-anak.

Sejalan dengan Bupati KSB, ketua Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) KSB, Hj. Hanifah Musyafirin juga mengatakan lomba masak ini adalah cara untuk mengajak dan memperkenalkan masyarakat bahwa makan ikan itu sangat penting karena akan mencerdaskan anak bangsa.

“Hal ini juga akan memperkenalkan kepada masyarakat cara mengolah ikan agar enak dilihat sehingga menggugah minat untuk mengkonsumsinya. Kalau hanya dimasak secara utuh begitu kan biasa aja,” kata Hj. Hanifah

Sementara itu kepala dinas perikanan NTB, Lalu Hamdi mengatakan ikan adalah makanan yang sangat penting khususnya untuk anak-anak. Protein, vitamin dan Omega3 yang terkandung dalam ikan akan memenuhi kebutuhan vitamin anak setiap hari bahkan bisa mencegah stunting.

“Mudah-mudah kegiatan ini terus mendorong kita untuk terus mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan kepada masyarakat sehingga menyehatkan masyarakat, mencerdaskan anak-anak kita,” kata lalu Hamdi.

Lomba masak serba ikan yang dimeriahkan juga dengan sepeda santai, senam sehat dan bazar mendapat antusias masyarakat KSB. Ribuan masyarakat datang untuk mengunjungi dan melihat keterampilan serta keunikan menu masakan yang ditampilkan oleh ibu-ibu PKK dari seluruh kabupaten di NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *