PENINGKATAN LEVEL MATURITY SPBE, WUJUDKAN REFORMASI BIROKRASI



Sumbawa Barat. Diskominfo – Dalam rangka meningkatkan tata kelola pemerintahan yang efektif  serta kualitas pelayanan publik, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berupaya meningkatkan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang bersumber pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 melalui kegiatan Sosialisasi dan Evaluasi Mandiri Internal Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Rumah Kebun Komplek KTC Taliwang. Selasa (29/10/2019)


Agenda yang dihadiri oleh 20 operator Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Daerah (KSB), Kepala Dinas Kominfo KSB pada sambutan singkatnya meminta kepada seluruh OPD untuk memperhatikan kondisi SPBE pada OPD masing-masing sehingga kedepannya  dapat ditentukan arah dan aksi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kekurangan yang ada pada OPD terkait.

Baca Juga : tegakan-aturan-tata-ruang-pemda-sumbawa-barat-bongkar-satu-bts/


“Kami mengajak bapak/ibu untuk mengawasi dan meninjau kondisi SBPE di OPD kita masing-masing. Sehingga dapat terlihat kekurangan dan kelebihannya dan hal tersebut dapat mempermudah kinerja kita kedepan dan tidak akan ada lagi pertanyaan kemana arah dari SPBE ini akan ditujukan”jelas Burhanuddin.


Pada kesempatan yang sama, Nursyafriadi selaku Kepala Seksi Bidang Informatika Dinas Kominfo KSB sekaligus  pemateri yang memaparkan tentang Evaluasi Mandiri SPBE di Kabupaten Sumbawa Barat mengatakan bahwa “Evaluasi mandiri SPBE  ini berdasarkan pada surat keputusan (SK) Bupati Sumbawa Barat tentang tim evaluator internal SPBE tahun 2019 yang telah melibatkan seluruh OPD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui secara menyeluruh bagaimana dan apa saja yang menjadi data dukungnya” paparnya.


Berdasarkan hal tersebut ada 3 domain  SPBE meliputi Kebijakan,tata kelola,dan layanan. Dari indikator tersebut diharapkan KSB bisa meraih predikat baik dari Kementerian PAN-RB.

Baca Juga : kesan-mendalam-pada-khotaman-dan-imtihan-al-quran-daarul-istiqomah/


Nursyafriadi juga menambahkan seluruh data yang didapatkan dari masing-masing OPD akan dievaluasi oleh tim evaluator internal yaitu Dinas Kominfo dan Bagian Organisasi Sekretariat Daerah sehingga akan ditentukan level yang dimiliki oleh OPD terkait dan hasilnya akan ditentukan oleh Kementerian PAN-RB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *