SDN 1 Taliwang Raih Penghargaan Adiwiyata Program Kementerian Lingkungan Hidup

Sumbawa Barat. PublikOnline – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat meraih penghargaan ADIWIYATA tahun 2019 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat pada program Kementerian Lingkungan Hidup yaitu mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Penghargaan diberikan karena SDN 1 berhasil menata lingkungan sekolah serta memberikan kesadaran kepada para siswa untuk sadar akan kebersihan dan kesehatan lingkungan menurut penilaian dari Kementerian Lingkungan Hidup beberapa waktu lalu.

Oleh karena pencapaian yang dicapai oleh Sekolah tersebut, Dinas Lingkungan Hidup memberikan Piala dan uang pembinaan yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SDN 1 Taliwang pada peringatan Hari Guru di Kompleks Kemutar Telu Center (KTC) Taliwang, Nusa Tenggara Barat, Senin (25/11/2019).

Baca Juga : belasan-oknum-warga-sipil-terjaring-rajia-gabungan-di-tempat-hiburan/

Kepala Sekolah SDN 1 Taliwang, Rahmatullah mengatakan pihak sekolah selalu mengajak anak-anak untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon dan bunga di lingkungan sekolah, bahkan siswa diajak gemar menanam pohon di lingkungan keluarga dan masyarakat.

“Semakin lama pohon pasti semakin berkurang, oleh karena itu melalui program dari Kementerian Lingkungan Hidup kami menggalakan kembali kepada siswa untuk peduli lingkungan dengan menanam poho,” katanya.

Keberhasilan meraih ADIWIYATA, tambah Rahmatullah, dikarenakan kekompakan yang diperlihatkan oleh para guru SDN 1 Taliwang untuk terus mengajak siswa menghijaukan lingkungan sekolah. Sekolah juga menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebanyak 20 persen untuk mendukung pemeliharaan lingkungan.

Baca Juga : bawa-sabu-dan-ekstasi-seorang-mahasiswa-ditangkap-di-poto-tano/

Program dari Kementerian Lingkungan Hidup tersebut diikuti oleh tiga sekolah di Taliwang yaitu SD Negeri 1 Taliwang , SMA Negeri 1 Taliwang dan SMP Negeri 6 Taliwang. SDN 1 Taliwang dan SMA Negeri 1 Taliwang akan diundang ke mataram untuk menghadiri dan menerima penghargaan pada HUT NTB yang akan diperingati pada 17 Desember 2019 mendatang. Dua sekolah tersebut juga telah mengikuti program Kementerian Lingkungan Hidup di tingkat Nasional.

“Untuk mempertahankan penghargaan ini, saya dan guru-guru disini akan terus meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya peduli terhadap lingkungan dengan harapan semua siswa tetap menjaga lingkungan agar bumi menjadi hijau kembali, bersih, nyaman dan sejuk.” Harapnya.

Selain program dari Kementerian Lingkungan Hidup, peduli lingkungan juga adalah pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum sekolah yaitu selalu menjaga dan mempedulikan lingkungan sekitar agar tetap bersih dan asri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *