Pohon Tumbang Timpa Puluhan Rumah Penduduk, Ini Yang Dilakukan Koramil Batukliang

Lombok Tengah – Hujan dan angin kencang kemarin sore kembali menumbang pohon yang menimpa puluhan rumah warga di Dusun Sangkawana Desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kabupaten Loteng.

Koramil 1620-07/Batukliang dibawah pimpinan Danramil Kapten Inf Lalu Mas’ud bersama anggota Polsek Batukliang dan masyarakat setempat melaksanakan gotong royong pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang maupun rumah warga yang tertimpa pohon.

Sebelum melaksanakan gotong royong, Danramil Batukliang membagi sasaran untuk mempermudah dan mempercepat pengerjaan.

Komandan Kodim 1620/Loteng Letnan Kolonel Czi Prastiwanto, SE. M.I.Pol., membenarkan kegiatan tersebut dan memberikan apresiasi kepada Koramil jajarannya yang sigap membantu masyarakat yang terkena musibah.

“Cuaca ekstrem beberapa hari belakangan ini terutama angin kencang dan puting beliung menumbangkan pohon bahkan beberapa atap rumah sebelumya ikut terbang agar tetap diwaspadai,” ungkap Dandim.

Untuk itu, pihaknya menyarankan agar pohon-pohon yang tinggi dan rantingnya lebat dirapikan dan dirampingkan kalau tidak ingin ditebang, sehingga bila ada angin kencang tidak mengkhawatirkan warga.

Selain itu, Dandim Alumni Akmil 2001 tersebut juga mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya pohon tumbang atau ranting patah, jangan berteduh di bawah pohon terutama pada saat ada petir dan hujan besar.

Terpisah Komandan Korem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., menginstruksikan satuan Kodim jajarannya untuk terus memantau dan melaporkan setiap perkembangan di wilayah terkait dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dan cendrung ekstrem.

Menurutnya, dari beberapa laporan selama musim hujan, rata-rata disebabkan angin kencang dan puting beliung disertai petir. “Ini yang harus diwaspadai bagi seluruh personel dan masyarakat.

Danrem juga mengajak untuk bersama-sama membersihkan saluran air dari sampah agar tidak terjadi sumbatan yang mengakibatkan terjadinya banjir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *