Universitas Jember Gelar Pelatihan di Sekolah. SDN 5 Taliwang Punya Dokter Gigi Kecil.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Dalam rangka memberikan edukasi dan sosialisasi sekaligus membentuk kader dokter gigi kecil di lingkungan sekolah, Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Jember menggelar pelatihan dan pendampingan kader dokter gigi kecil di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 5 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Kamis (6/2/2020).

Salah satu Dosen Universitas Jember, Dr. drg, Iin Eliana T, M.Kes di Taliwang, Kamis, mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu pengabdian kepada masyarakat dengan cara memberikan pelatihan dan edukasi tentang kesehatan mulut dan gigi kepada siswa di lingkungan sekolah.

“Kami bersinergi dengan Dinas Kesehatan dan membantu mengajarkan anak-anak ini bagaimana merawat gigi dan mulut, cara mencegah penyakit mulut, kelainan pada gigi, dan makanan apa saja yang baik bagi kesehatan mulut dan gigi,” katanya.

Selain itu, Iin Eliana mengajarkan murid untuk mengenal sejumlah alat kedokteran gigi dasar yang sering digunakan dokter untuk merawat gigi pasien seperti dental pinset, oral diagnostic, excavator dan lain sebagainya.

Para siswa yang berasal dari SDN 5, SDN 9 dan SDN 6 yang jumlahnya 24 orang diajarkan praktek menggunakan alat dan sikat gigi untuk membersihkan gigi yang baik dan benar.

“Selain siswa, kami juga memberikan eduukasi dan pelatihan secara langsung kepada para guru agar paham juga bagaimana menjaga kesehatan mulut dan gigi yang baik,” tuturnya.

Menurutnya, Kebersihan gigi yang buruk adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi. Jadi dengan melakukan rutinitas perawatan mulut yang benar dapat menghindari banyak masalah kesehatan di jangka waktu yang lama dan mencegah sakit gigi.

“Saya berharap para kader dokter kecil ini nantinya dapat berbagi ilmu yang telah didapat dari kami ini kepada teman-teman di lingkungan sekolah bahkan lingkungan keluarga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 5 Taliwang, Suriyani, S.Pd., sangat merasa senang dengan adanya pelatihan dan edukasi yang diberikan oleh Universitas Jember kepada muridnya.

“Kami sangat senang dengan penyuluhan ini, sangat membantu usaha kesehatan sekolah dan sangat edukatif,” katanya.

Suriyani berharap, ilmu yang diberikan oleh Dosen Universitas Jember, Dr. drg. Iin Eliana T, M.Kes dapat bermanfaat bagi para kader dokter gigi kecil sehingga ke depannya mereka dapat berbagi ilmu tersebut dengan teman-teman lainnya.

Penyuluhan ini oleh Universitas Jember direncanakan akan digelar di delapan kecamatan di KSB sesuai yang diminta oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan KSB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *