143 Usulan Kecamatan Seteluk Musrenbang 2020. Usulan Harus Sesuai RPJMD, Renja OPD dan Renstra.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Kecamatan Seteluk mengusulkan 143 usulan program prioritas di tahun 2021 pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kecamatan yang dilaksanakan di aula gedung serbaguna Seteluk, Selasa (11/2/2020). Usulan tersebut ditentukan dari pra Musrenbang yang telah dilakukan sebelumnya.

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda Litbang), Mars Anugerainsyah, S.Hut., M.Si., saat ditemui di Taliwang, Rabu, mengatakan, dari ratusan usulan itu akan dilakukan seleksi dan pengecekan terlebih dahulu sehingga sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) atau Rencana Strategi (Renstra).

“Makanya kami undang Kepala Dinas atau pejabat tekhnis agar dapat membahas usulan ini apakah sesuai dengan RPJDM, Restra atau pun Rencana Kerja (Renja) OPD tersebut,” katanya.

Usulan-usulan yang masuk, tambahnya, tidak langsung dimasukan dan setujui tetapi harus dibahas terlebih dahulu secara tekhnis.

“Intinya dalam musrenbang kita menjaring ulang semua usulan-usulan desa. Kami tidak membatasi berapa nilai uang tetapi jika program tersebut urgen atau dibutuhkan masyarakat maka kami akan alokasikan,” Ucapnya.

Mars mengatakan, fungsi Bappeda adalah menjamin dan memastikan, usulan-usulan program ini sesuai dengan RPJMD, sesuai dengan renstra dan Renja OPD nya.

Sementara Kepala Bidang Litbang, Ikramawansyah, S.T., M.T., juga mengatakan bahwa usulan desa bukan saja usulan di Musrenbang tetapi ada juga usulan prioritas Pimpinan Daerah, pokok pikiran Dewan, dan usulan prioritas Dinas.

“Tahun 2021 nanti banyak usulan, kalau normative nya mungkin tidak semua bisa dialokasikan, tetapi pasti kami akan diskusikan kembali bersama desa untuk menjaring usulan prioritas, pemerintah juga akan melihat ukuran kemampuan keuangan daerah” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Hasbullah, berharap kepada pemerintah agar dapat menampung dan nantinya dapat dipertimbangkan semua usulan yang diusulkan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *