Bappade Litbang Sosialisasi Aplikasi e-Musrenbang

Sumbawa Barat. PublikOnline – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sumbawa Barat mengenalkan aplikasi Input data hasil Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) berbasis online “e-musrenbang” kepada sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Desa dan tokoh masyarakat pada gelaran Musrenbang tingkat Kecamatan di gedung serbaguna Kecamatan Seteluk, Selasa (11/2/2020).

Sosialisasi tersebut langsung disampaikan oleh Sekretaris Badan Bappeda Litbang, Mars Anugeriansyah, S. Hut., .Si.,. sekaligus memimpin Musrenbang tersebut.

“E-musrenbang ini adalah aplikasi yang mempermudah OPD dan desa dalam mengetahui dan memastikan usulan-usulan mana saja yang nantinya disetujui untuk dibawa ke Musrenbang Kabupaten dan direalisasikan,” katanya.

Aplikasi tersebut juga untuk menghindari terjadinya usulan yang dobel. OPD dapat melihat dan mengakses langsung aplikasi untuk memastikan hasil Musrenbang. Jika ada usulan yang tidak dapat disetujui oleh Bappeda melalui Musrenbang, desa dapat mengusulkan melalui OPD terkait atau Pokok Pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Prosesnya masih panjang, semua usulan-usulan tersebut nantinya akan melalui proses seleksi, kroscek atau tinjau lapangan oleh dinas terkait untuk memastikan keabsahannya,” katanya.

Semua usulan yang disetujui dalam musrenbang akan diinput dan dipublikasikan ke dalam aplikasi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.

“E-Musrenbang ini sangat memudahkan kita semua, dan bagian dari keterbukaan infomasi, sehingga nantinya kita dapat melihat rekam atau jejaknya dari awal pengusulan hingga akhir,” Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *