Sumbawa Barat Satu-satunya Kabupaten dengan Angka Penurunan Laju Pertumbuhan Ekonomi Paling Rendah.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Sekretaris Badan perencanaan pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbank) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) , Mars Anugerainsyah, S.Hut,. M.Si., mengatakan KSB adalah satu-satunya Kabupaten di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan pertumbuhan ekonomi yang selalu meningkat walaupun lajunya menurun sekitar 1,17 persen.

Penurunan tersebut paling rendah dibanding Kabupaten lain di NTB menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

“Padahal kita memprediksi, pasca Gempa yang merusak ribuan rumah di KSB akan menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi sekitar 3 sampai 5 persen, tetapi setelah BPS merilis hasilnya sangat membanggakan,” Ucapnya saat ditemui usai Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) membahas Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2021 di Kantor Camat Taliwang, Rabu (12/2/2020).

Mars Anugerainsyah mengatakan, dengan hasil ini pondasi dasar ekonomi KSB sudah kuat, walaupun pasca Gempa ekonomi KSB masih bertahan dan terus meningkat walaupun lajunya menurun. Persentase penurunan laju tersebut lebih kecil dibandingkan dengan kabupaten lain di NTB yang tidak terkena dampak Gempa.

“Indikasi dari kuatnya ekonomi kita ini masih kita dalami, kemungkinan yang mendorong ekonomi adalah program bantuan pemerintah daerah melalui kartu bariri dan kartu pariri serta lansia dan disabilitas,” tuturnya.

Bappeda akan melakukan penelitian pada Maret dan April 2020 mendatang untuk mengetahui penyebab sebenarnya dari kuatnya ekonomi KSB.

Beberapa program unggulan yang dilaksanakan Pemerintah Daerah sejauh ini telah menurunkan angka kemiskinan di KSB sebanyak 1,79 persen pada 2018 hingga 2019 yang sebelumnya di angka 0,54 persen.

Jika program pemerintah terus berjalan maka bisa diperkirakan penurunan kemiskinan pada 2020 akan mencapai 2 persen.

Di KSB seseorang akan dikatakan miskin jika memiliki pendapatan di bawah 465.000. Hadirnya pemerintah daerah dalam membantu warga miskin melalui program-program unggulannya adalah untuk memperkecil jarak kesenjangan antara yang miskin dan yang mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *